Saturday, December 13, 2014

Inilah Daerah Wisata Kabupaten Lombok Utara

Kawan-kawan kita menuju Utara Lombok yang  telah di dominasi oleh keagungan Gunung Rinjani dan pegunungan sekitar, di bagian Utara Pulau Lombok banyak menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan kurva panjanng. Pantai ini sangat sepi hutan kering dan hutan hujan, dengan perkebunan menjulang tinggi dari kayu mahoni, dan pohon-pohon Jati asli lainnya yang dapat memberikan kesempatan untuk trekking dan ekowisata. Di tempat ini banyak air terjun, sungai flora dan fauna daerah, membuat Pantai Utara Lombok ini menjadi daerah yang sangat ideal bagi mereka yang menghargai keindahan alam sejati.


Wisata Lombok Utara merupakan kabupaten yang cukup indah baru dan secara resmi terbentuk pada tahun 2008. Kabupaten ini memiliki 5 kabupaten, termasuk Gili Islands, 33 desa dan 332 dusun, dengan jumlah penduduk sekitar 199 000 orang.

Wisata Lombok Utara bisa kita dicapai dengan dua jalan utama, Dalam kondisi baik dan sangat memberikan pemandangan rute yang berbeda. Jalan pantai yang membentang dari sepanjang jalan Ampenan sampai menuju pantai barat ke utara menyediakan pemandangan dari banyak teluk yang indah dan pantai yang melapisi pantai barat, serta pemandangan atas Kepulauan Gili dan Bali ke barat. The Pusuk Pass, jalan menuju gunung berkelok-kelok yang dimulai dari Gunungsari dan berjalan melalui pegunungan pedalaman, berakhir di utara. Jalan yang lurus menyediakan pemandangan indah lembah dan ngarai, dengan sungai yang mengalir melalui hutan tropis dan desa-desa kecil yang dihiasi antara pohon-pohon.Di sini banyak keluarga Monyet abu-abu hidup di hutan dan turun ke jalan untuk mengemis makanan dari pengendara yang lewat.

Bangsal di persimpangan adalah jalan pesisir memenuhi Jalan Raya (jalan utama) terus sampai ke utara sepanjang jalan di sekitar pulau ke pantai timur. Jalan ke barat hanya berjalan sekitar 1 km ke Pelabuhan Bangsal, yang merupakan titik utama keberangkatan untuk kapal publik ke pulau-pulau Gili.

Bangsal adalah salah satu desa yang cantik dengan populasi Hindu Bali yang sangat besar, dikelilingi oleh sawah, kuil, dan menutup laut dan pegunungan. Ada beberapa rumah tinggal kecil dan Bangsal membuat dasar yang baik untuk menjelajahi utara.
Selanjutnya dari jalan utama ke Pantai Sira, pantai pasir putih yang indah dengan area snorkeling di terumbu karang lepas pantai. Tempat ini juga merupakan tempat untuk Golf Course kelas dunia lapangan golf 18-hole yang menakjubkan dengan megah dilihat dari hijaunya rumput yang terawat. Hotel Tugu arsitektur menakjubkan bertengger di pantai putih bersih di sini. Di ujung semenanjung utara berikutnya adalah terdapat sebuah kuil kecil, Pura Medana, dengan pemandangan matahari terbenam yang indah dan suasana yang damai. Di jalan keluar ke kuil ini kita langsung menuju indah Medana Resort dan Oberoi Resort yang mewah, di lokasi ini indah tepat di pantai.

Kota besar Tanjung terletak sekitar 5 km sebelah utara dari Bangsal. Ini adalah ibukota administratif untuk provinsi Lombok Utara dan memiliki banyak warung dan toko-toko, dan salah satunya dari beberapa kantor telepon umum (wartel) di pulau. Muslim, Hindu dan Buddha tinggal di sini dan ada banyak upacara yang berbeda yang berasal dari daerah. Tanjung ini memiliki pasar yang menarik setiap hari dan pada hari Minggu, menjadi pasar ternak dimana sapi, kambing dan kuda dari seluruh pulau yang dibeli dan dijual. Gondang,kita lanjut menuju ke pantai sebuah kota kecil dekat pantai yang baik. Terdapat Air terjun yang bisa di tempuh 20 menit berjalan kaki dari luar,menuju tempat ini keadaan jalan masih berbatu. Musim semi kita bisa berenang di kolam yang sangat bagus. Perjalanan melalui desa tradisional Sasak, Kerurak, membuat perjalanan yang sangat berharga. Setengah jam perjalanan mengarah ke Kerta Gangga Air Terjun, dengan tiga air terjun yang indah menetapkan di antara hutan.

Kita menuju Desa tradisional Segenter, dalam perjalanan menuju Anyar, dapat memberikan sekilas keindahan dalam kehidupan sehari-hari dari sebuah desa kecil di pedesaan. Terdapat 300 desa di Utara ini mencari nafkah dari hasil meningkatkan tanaman jagung dan kacang-kacangan, namun mereka menyambut pengunjung dengan senyum dan bangga berbagi hidup sederhana dengan wisata melalui desa.

Desa Bayan terletak  lebih jauh ke utara, merupakan sumber awal umat Islam dan mempertahankan tari tua dan tradisi puitis. Bayan rumah dari agama yang tidak biasa, Wetu Telu, yang hanya ditemukan di Lombok. Wetu Telu menggabungkan kepercayaan animisme tradisional Sasak dengan Islam dan unsur-unsur Hindu. Para penganut Wetu Telu (yang berarti "tiga kali") harus berdoa tiga kali sehari, dan mengakui tiga jenis upacara: 
1. Upacara manusia (kelahiran, pernikahan, kematian), 
2. Hari raya Islam (Maulid, Lebaran ), 
3. Dan ritus berbasis animisme yang berhubungan dengan pertanian dan peternakan. Salah satu yang tertua dan paling penting Masjid Wetu Telu di Bayan.

Kita menuju sedikit ke Utara dari Bayan, cabang jalan menuju Teres Genit dan angin di sisi gunung indah Gunung Rinjani Garden. Properti unik ini memiliki akomodasi dari jaman gaya tradisional Lumbung cottage, serta up-pasar fasilitas tenda. Ada kolam renang air tawar semi-makan cantik dan restoran yang sangat baik melayani makanan yang lezat,terletak di lereng bukit dan menghadap ke pemandangan gunung. Jalan dari Bayan mengarah ke Senaru, pintu gerbang ke Taman Nasional Rinjani terdapat sebuah desa yang cantik, yang telah diatur dalam pemandangan yang indah dengan pemandangan yang fantastis dari pegunungan vulkanik. Rinjani National Park adalah cagar alam dari 41 330 hektar.Di sekitar gunung berapi yang menyediakan banyak kesempatan untuk ekowisata.

Seluruh daerah Wisata Lombok Utara adalah surga yang indah, banyak menampilkan air terjun yang megah, subur dan dapat diakses trekking di hutan, di desa-desa tradisional, dan perkebunan tembakau dan jambu mete, tumbuh bersama di sawah yang menghijau. Spesies hewan asli disini adalah termasuk monyet, rusa dan burung tropis, hidup di hutan sekitarnya, serta varietas berlimpah tanaman tropis dan bunga.

No comments:

Post a Comment