Monday, December 29, 2014

Rahasia Terindah Pantai Ora Pulau Seram
























Pantai Ora terletak di Pulau Seram yaitu tanah putus pusar Saya atau bisa di bilang bahasa indonesia yaitu tanah kelahiran, Maluku Tengah. Sebutan Surga dunia Pantai, tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mendapatkan suasana yang damai dengan pemandangan alam (khususnya pantai) yang sangat indah ini. Pantai Ora memang menawarkan sejuta  keindahan alam yang tiada dua, satu lagi bukti untuk para wisatawan diluar sana bahwa indonesia mempunyai pantai yang indah. Ini adalah salah satu bukti bahwa Indonesia ini sangat kaya dengan sejuta keindahan alamnya jika ingin dijaga dengan baik. Bagi para wisatawan, di pantai ini telah disediakan banyak resort-resort yang berdiri di atas pantai atau mengambang di air yang sangat jernih. Resort-resort disini berbentuk rumah panggung dengan material kayu sehingga menimbulkan suasana nyaman untuk bersantai menghilangkan penat atau beban pikiran. Tempat ini sangat memanjakan sekali bagi pengunjung yang ingin mencari ketenangan pikiran.

Untuk mencapai Pantai Ora kita harus menyebrang ke Pelabuhan Amahai di Kota Masohi Pulau Seram Kabupaten Maluku Tengah dari Pelabuhan Tulehu di Kabupaten Maluku Tengah, dengan menggunakan Kapal Cepat Cantika Anugerah yang memakan waktu 2 jam. Adapun biaya yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp 100.000,- untuk kelas ekonomi dan Rp 150.000,- untuk kelas VIP. Pemandangan alamnya juga tak kalah jika Anda dibandingkan dengan Pulau Maladewa. Setidaknya kita tidak harus jauh-jauh pergi ke luar negeri karena ternyata Indonesia punya keindahan serupa. Tugas kita adalah harus tetap menjaga keindahan alam Pantai Ora ini agar tidak pudar oleh karena pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Di Pantai Ora ini, tumbuhan karang-karang dan hewan-hewan lautnya masih berjumlah banyak dan masih terawat dengan baik, mungkin karena tempat ini belum terlalu terkenal sehingga belum banyak yang datang.


Di Pantai Ora ini ada sebuah penginapan yang bernama Ora Beach Resort. Selain Ora Beach Resort, Anda juga dapat menginap di Pondok Wisata Lisar Bahari di Negeri Sawai, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah. Negeri ini bersebelahan dengan Saleman. Bisa ditempuh melalui laut dari Saleman atau dari Jalan Trans Seram. Penginapan berlokasi di antara permukiman penduduk yang hampir 50% membangun rumah di atas laut. Penginapan ini pun dibangun di atas laut dengan terumbu karang dan ikan karang beraneka warna menghiasi dasar laut. Anda juga dapat melakukan tracking melintasi hutan yang masih lestari di balik Negeri Sawai, menuju ke arah Pusat Pendidikan dan Rehabilitasi Satwa di Dusun Masihulan, Sawai, tempat penangkaran satwa burung kakaktua seram dan nuri seram. Anda jangan lupa melihat gua, air terjun, atau menghabiskan malam di pondok, di tengah hutan, yang sengaja dibangun oleh Ali seorang Pengusaha Resort Ora Beach.

 Kegiatan pariwisata di Pantai Ora ini bisa menyedot wisatawan di perkirakan hingga 500 orang setiap tahun. Di dominasi oleh para turis asing dari Belanda, Amerika Serikat, dan Jepang. Bahkan, tahun ini, sudah 20 grup turis dari sejumlah negara yang pesan tempat. Setiap grup berjumlah minimal berkisar 10 orang.




 





No comments:

Post a Comment